March 5, 2015

Komunikasi Orang Tua dan Anak

Inilah Pentingnya Komunikasi dengan Anak

6 Maret 2015
Inilah Pentingnya Komunikasi dengan Anak
Komunikasi merupakan kunci menciptakan hubungan yang kuat antara orang tua dan anak, terutama dalam pengasuhan dan pendidikan anak.
Komunikasi merupakan kunci menciptakan hubungan yang kuat antara orang tua dan anak, terutama dalam pengasuhan dan pendidikan anak. 

Komunikasi adalah kebutuhan setiap orang, komunikasi tidak hanya penting dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat. Namun kenyataannya tidak semua orang mampu menjalin komunikasi baik baik bahkan dengan keluarganya sendiri. Hal ini biasanya tidak terjadi dalam sehari dua hari, melainkan dalam waktu yang lama sehingga hubungan keluarga menjadi renggang. Padahal komunikasi merupakan kunci menciptakan hubungan yang kuat antara orang tua dengan anak terutama dalam pengasuhan dan pendidikan anak. 

Bagaimana cara membangun komunikasi yang baik? Berikut beberapa tips mengenai cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak. 

1. Sediakan waktu untuk mendengar 
Jika Anda ingin menjalin komunikasi dengan anak, kuncinya adalah meluangkan waktu untuk mendengar. Biarkan anak berbicara tentang berbagai hal tentang dirinya, termasuk masalah yang dihadapi anak, seperti masalah di sekolah atau masalah dengan teman-temannya. Meskipun sepele Mendengarkan anak bercerita adalah cara terbaik dalam berkomunikasi karena setiap orang butuh didengarkan. 

2. Ciptakan waktu yang berkualitas 
Selepas pulang kantor, simpan perangkat smartphone Anda. Temani anak bermain dan ajaklah mereka berbicara. Di waktu santai, anak tidak sungkan mengungkapkan masalah yang menghinggapi. 

Waktu yang berkualitas juga bisa diciptakan saat makan malam. Usahakan makan malam bersama di satu tempat di mana masing-masing anggota keluarga menceritakan aktivitasnya seharian tadi. 

Seiring bertambahnya usia, bertambah pula aktivitas anak sehingga sedikit waktu yang dihabiskan di rumah. Oleh karena itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk berkomunikasi dengan anak di rumah. 

3. Liburan bersama 
Liburan bersama adalah waktu paling menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Ini akan menjadi petualangan yang dapat dinikmati bersama. Di saat seperti ini, kerja sama antar anggota keluarga akan terbentuk. Liburan tidak selalu harus jauh dan mahal, bisa saja mengunjungi lokasi dalam kota yang belum pernah didatangi atau ke taman bermain. 

4. Manfaatkan teknologi 
Smartphone atau komputer sebagai perangkat teknologi memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya untuk membantu pendidikan anak dalam belajar dan menggali informasi yang mereka butuhkan untuk pelajaran di sekolah tapi juga berfungsi saat orang tua dan anak terpisah karena aktivitas harian, yaitu sebagai perangkat komunikasi. Apalagi internet sebagai media komunikasi bukan lagi barang mahal. 

Semoga dengan memperaktekkan tips di atas Anda dapat lebih baik lagi dalam menjalin komunikasi dengan anak. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment